KP2KP Sendawar Edukasi Bendahara se-Kecamatan Sekolaq Darat

Suasana sosialisasi Bendahara se-Kecamatan Sekolaq Darat

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sendawar mengadakan sosialisasi Kewajiban Perpajakan Bendahara se-Kecamatan Sekolaq Darat, Rabu (23/8). Sebanyak 36 orang Bendahara Kecamatan Sekolaq Darat dan Bendahara kampung-kampung di kecamatan tersebut mengikuti sosialisasi yang diadakan di Balai Pertemuan Kecamatan Sekolaq Darat, Kabupaten Kutai Barat ini.

Sosialisasi ini merupakan agenda rutin dari KP2KP Sendawar sesuai dengan salah satu tugas pokok KP2KP Sendawar yaitu pemenuhan penyuluhan terhadap Wajib Pajak khususnya di wilayah Kabupaten Kutai Barat serta dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kesadaran wajib pajak dalam hal ini bendaharawan terkait kewajiban perpajakannya.

Kepala KP2KP Sendawar, Sofwan, dan Pelaksana KP2KP Sendawar, Adhimas Putro Prasetyo, menyampaikan materi terkait kewajiban perpajakan bendahara, pemotongan ataupun pemungutan atas Kewajiban PPh Pasal 22 terkait Belanja Bendahara, PPh Pasal 23, PPh Pasal 21 dan juga PPN. Materi dijelaskan secara rinci mulai dari pemotongan dan pemungutan, penyetoran pajak yang masih harus dibayar ke kas negara, sampai dengan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT)-nya. Selain itu, disampaikan pula permasalahan-permasalahan yang sering terjadi serta solusi penyelesaiannya, juga terkait sanksi atas kemungkinan adanya kelalaian dalam hal pelaporan pajak.

Dengan diadakannya sosialisasi rutin ini diharapkan bendaharawan dapat menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, serta dapat meningkatkan kepatuhan perpajakan bendaharawan.