Konsultasi Pajak Sambil 'Ngopi', Kopajak Balikpapan Diserbu Pengunjung

Konsultasi Pajak Sambil 'Ngopi', Kopajak Balikpapan Diserbu Pengunjung

Kopajak yang diselenggarakan Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) cukup mendapat perhatian warga Balikpapan dalam gelaran "BSM Siaran" (Silaturahmi dan Berbagi Keceriaan) di halaman parkir Balikpapan Sport and Convention Center DOME(Minggu, 19/11). Kopajak tersebut merupakan gerai konsultasi perpajakan dengan tema "Ngopi Bareng Pajak". Uniknya, pengunjung dapat menikmati kopi racikan barista Kopajak dengan cuma-cuma sembari berkonsultasi.

Kanwil DJP Kaltimra nampaknya serius menggarap konsep ala ngopi bareng ini. Pasalnya kopi yang disajikan bukan kopi sembarangan. Kopi bergelar "specialty coffee" bertengger di meja, lengkap berbagai peralatan seduh kopi manual seperti coffee grinder, Rok Presso, Aeropress, dan V60. Alat seduh kopi tersebut memang biasa digunakan di kedai-kedai kopi. Strategi ini terbukti efektif menarik minat masyarakat untuk datang mengunjungi stan pajak.

"Wajib pajak dapat berkonsultasi disini sambil ngopi, tim kami siap membantu," kata Rumisih, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Kaltimra. "Kami telah mempersiapkan kopi berkualitas, kali ini ada kopi arabica dari Malabar dan Garut. Ada juga es kopi susu, menu baru kami," tambahnya.

Kegiatan ini, Rumisih menjelaskan, merupakan salah satu program edukasi perpajakan kepada masyarakat selain sosialisasi tatap muka langsung maupun melalui media lain seperti radio televisi, dan koran. Menurutnya, rendahnya kesadaran dan adanya keengganan masyarakat membayar pajak salah satunya disebabkan karena kurangnya pemahaman akan pajak, baik terkait peraturan, prosedur, dan manfaat pajak.

"Sosialisasi perpajakan terus kami berikan, ini dilakukan agar masyarakat mendapat pemahaman yang baik terhadap pajak. Dengan sosialisasi yang optimal, diharapkan akan membuat masyarakat lebih sadar pajak," ujar Rumisih.