Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Lapor SPT e-Form

Menyusul sosialisasi cara pelaporan SPT Tahunan secara elektronik beberapa minggu yang lalu yang dilakukan oleh Kanwl DJP Kalimantan Barat kepada pegawai BPKP Perwakilan Kalbar, pada hari ini Jumat (17/03) KPP Pratama Pontianak menindaklanjuti dengan melakukan asistensi pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara elektronik.

Bertempat di kantornya, dari beberapa cara pelaporan yang tersedia Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalbar, Arman Sahri Harahap memilih melapor SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2016 menggunakan e-FORM. Berkaitan dengan dipilihnya e-FORM bukan tanpa alasan, Arman Sahri Harahap, menyatakan di tengah kesibukannya yang padat e-FORM sangat membantu dalam mengisi SPT Tahunan karena dapat dilakukan secara offline tanpa khawatir harus kehilangan data karena jaringan internet yang kurang bagus. Setelah mengisi SPT Tahunan barulah akses internet diperlukan untuk meng-upload file SPT Tahunan yang telah diisi ke sistem DJP Online.

e-FORM merupakan formulir SPT elektronik berbentuk file dengan ekstensi .xfdl yang pengisiannya dapat dilakukan secara offline menggunakan Aplikasi Form Viewer yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak. Setelah SPT Tahunan dibuat secara offline, Wajib Pajak bisa langsung meng-upload SPT-nya secara online via Aplikasi Form Viewer. Fasilitas e-FORM ini bisa dikatakan memang masih tergolong anyar karena baru diluncurkan oleh Dirjen Pajak pada pertengahan Februari 2017.

e-FORM melengkapi fasilitas lainnya yang telah diluncurkan Dirjen Pajak terdahulu seperti e-billing, e-faktur dan e-filing yang tujuannya tidak lain adalah memberi memudahkan kepada Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Fasilitas ini adalah peningkatan layanan e-filing karena di samping memberi akses kepada Wajib Pajak untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 S juga mengakomodir pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 Usahawan.

Selain itu, e-FORM merupakan jalan keluar untuk mengatasi tingginya akses Wajib Pajak ke situs resmi DJP khususnya pada bulan Maret 2017, karena pada bulan tersebut tidak hanya bertepatan dengan berakhirnya batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tetapi juga program Amnesti Pajak. Lebih lanjut, Arman Sahri Harahap, menghimbau Wajib Pajak untuk menggunakan e-FORM sebagai salah satu alternatif cara pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.