Kanwil DJP Sumatera Utara II Selenggarakan Bimbingan Teknis dan Pelatihan KSWP

Foto Bersama Peserta Bimtek dan Pelatihan KSWP Kanwil DJP Sumatera Utara II

Demi memberikan pemahaman mengenai Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), Kanwil DJP Sumatera Utara II selenggarakan bimbingan teknis dan pelatihan KSWP kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Pintu Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di wilayah kerja KPP Pratama Padang Sidempuan dan Sibolga.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara Medan, Rabu 30 Agustus 2017 dihadiri sekitar 40 peserta. Hadir pula Kepala Seksi dan pegawai Ekstensifikasi KPP Pratama Padang Sidempuan dan Sibolga sebagai pendamping dan Person In Charge (PIC) kegiatan KSWP di unit kerjanya masing masing. Bangkit Bina Aji, Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian (PEP) Kanwil DJP Sumut II dalam sambutannya mewakili Kakanwil mengatakan perlunya sinergi dengan pihak lain untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran dari masyarakat akan kewajiban perpajakannya. KSWP dapat dijadikan sarana menguji kepatuhan pajak bagi masyarakat dengan bantuan pemerintah daerah.

Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) adalah kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu. Masyarakat disyaratkan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan melaporkan SPT Tahunan dua tahun terkahir sebelum layanan publik diberikan. Dalam acara ini juga dilakukan simulasi dan bimbingan tehnik aplikasi KSWP bagi petugas layanan ijin di dinas pemberian ijin pemerintah daerah dipandu oleh Ery Sunandar, Kepala Seksi Kerjasama dan Humas Kanwil DJP Sumut II. Dengan kegiatan ini, diharapkan terjalin kemitraan yang strategis antara DJP dan Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Related Files: