Kanwil DJP Kaltimra Sosialisasikan Pajak kepada Pengacara

Kanwil DJP Kaltimra sedang menyampaikan paparannya

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimatan Timur dan Utara (Kaltimra) menggelar silaturahmi dengan para pengacara yang berada dibawah naungan Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Wilayah Kalimantan Timur di Aula Lantai 3 Gedung Kanwil DJP Kaltimra pada Rabu (26/7) lalu. Dihadiri oleh Sekjen KAI Rio Ridhayon Demo, SH. serta belasan pengacara anggota KAI, Kepala Kanwil DJP Kaltimra Samon Jaya menjelaskan berbagai hal terkait kewajiban perpajakan pengacara secara serius tapi santai.

Tujuan diadakannya acara ini, menurut Samon, adalah untuk memberikan pemahaman terkait kewajiban perpajakan kepada para pengacara agar dapat melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar, baik dari pembayaran maupun pelaporannya. Acara ini juga sebagai langkah awal untuk mendekatkan Kanwil DJP Kaltimra dengan Wajib Pajak dari berbagai macam profesi di wilayah Kaltim.

"Harapan kami, para pengacara juga bisa menjadi agen-agen perpajakan yang dapat dijadikan panutan bagi masyarakat khususnya kepada para kliennya dan juga kepada rekan sesama pengacara lainnya," kata Samon.

Selanjutnya, Samon juga berencana menjadikan acara tersebut menjadi kegiatan rutin. “Kita harus rutin mengadakan acara seperti ini, karena selain pemahaman masalah kewajiban perpajakan diperlukan juga praktik tata cara pembayaran dan pelaporan pajak secara langsung sehingga yang awalnya pajak dianggap rumit, menjadi mudah," terang Samon.

Sementara itu, Rio Redhayon Demo, SH. mengakui bahwa pengetahuan dan pemahaman pajak selama ini  memang masih kurang. “Kesadaran membayar pajak memang ada, namun terkadang masih belum bisa sepenuhnya karena kurangnya pemahaman terkait pajak," kata Rio, " kegiatan seperti ini dapat membuka pemikiran dan menambah pengetahuan terkait perpajakan sehingga masyarakat bisa menjalankan kewajiban perpajakan dengan baik dan benar sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang,” lanjutnya.