Kanwil DJP Kaltimra Sampaikan Bimtek Pajak kepada Biro Sekprov Kaltim

Kanwil DJP Kaltimra bersama jajaran Biro Sekda Provinsi Kaltim

Memenuhi undangan sebagai narasumber di acara Bimbingan Teknis Perpajakan di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) mengisi kegiatan tersebut dengan materi tentang Kewajiban Perpajakan Bendahara di Mahakam Ballroom Hotel Royal Suite Balikpapan pada Selasa (25/7) lalu.

Acara yang dilaksanakan atas inisiatif dari Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur itu dihadiri pula oleh Kepala Biro Umum Provinsi Kalimantan Utara Drs. As Adiyat dan juga 22 orang peserta yang mewakili 11 Biro di lingkungan Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur. Tim dari Kanwil DJP Kaltimra sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJP Kaltimra, Samon Jaya, dengan didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Emri Mora Singarimbun, dan Kepala Seksi Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Rumisih.

Mengawali acara hari itu, Kepala Sub Bagian Verifikasi, H. Juriansyah, selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan laporan terkait kegiatan tersebut yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Biro Umum, Drs. As Adiyat. “Tujuan utama diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur bendahara tiap-tiap biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur terkait kewajiban perpajakan,” jelas As Adiyat dalam sambutannya, “Setelah dari sini, materi tentang pajak harus dimasukkan ke dalam setiap kegiatan yang dilakukan karena sumber penghasilan atau pembangunan dari segala sektor berasal dari pajak,” imbuhnya.

Dalam paparannya, tim dari Kanwil DJP Kaltimra menyampaikan tentang manfaat pajak untuk negara serta serba-serbi kewajiban perpajakan bendahara mulai dari jenis pajak yang dipotong/dipungut, cara penyetoran hingga cara pelaporannya juga materi studi kasus tentang permasalahan perpajakan yang dihadapi oleh para bendahara. Dengan disampaikannya Bimbingan Teknis Perpajakan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, khususnya para bendaharawan, dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.