Kantor Pajak Gandeng Bukalapak Edukasi UMKM

Kantor Pajak Gandeng Bukalapak Edukasi UMKM

KPP Pratama Bojonegoro bekerja sama dengan Bukalapak Regional Jawa Timur mengadakan acara edukasi singkat kepada puluhan pelaku usaha kecil dan menengah di wilayah Bojonegoro di Aula Lantai 3 KPP Pratama Bojonegoro (Rabu, 29/11). Acara tersebut mengusung tema “UMKM dan Bukalapak Go Online”, di mana Bukalapak memberikan kesempatan bagi pelaku usaha di Bojonegoro untuk menjual produknya secara online melalui situs jual beli Bukalapak.

Bukalapak yang diwakili oleh Mujib Burokhman dari Divisi Community Management menjelaskan, jual beli secara elektronik atau online sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh masyarakat dari segala kalangan. Melakukan jual beli secara online akan memberikan lebih banyak kemudahan baik bagi si penjual maupun si pembeli. Pelapak, sebutan penjual di situs Bukalapak, dapat menjual berbagai macam produk selama 24 jam, dengan jangkauan penjualan yang lebih luas daripada hanya menjajakan produknya melalui toko. Pembeli, dapat memilih produk dan melakukan pembelian dari mana saja, kapan saja. Mujib menambahkan, akan memberikan kemudahan serta memberikan penjelasan yang lebih lengkap lagi apabila pelaku usaha di Bojonegoro ada yang berminat menjadi pelapak di Bukalapak.

Acara dengan tagline “Buka lapakmu, jual produkmu, nikmati hasilmu” bersama Bukalapak ini mendorong para pelaku usaha di Bojonegoro untuk memperluas jangkauan pemasaran produk melalui penjualan online. Seperti halnya yang disampaikan oleh Amir Makhmut, selaku Kepala KPP Pratama Bojonegoro, bahwa sasaran dari menjual produk secara online adalah kemudahan, kepraktisan, sehingga diharapkan pelaku usaha dapat menjual produknya lebih banyak dan mampu meningkatkan omzet penjualannya. Amir Makhmut juga mengingatkan aspek perpajakan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha sesuai dengan PP 46 Tahun 2013, meskipun penjualan produk dilakukan secara online.

Pelaku usaha yang sebagian besar tergabung dalam Asosiasi UMKM Bojonegoro tersebut merasa antusias dengan paparan edukasi singkat dari Bukalapak dan KPP Pratama Bojonegoro yang memberikan pengetahuan baru alternatif untuk menjual barang produksi mereka.