Jalin Silaturahmi, KPP Pratama Mataram Barat Undang Buka Puasa Bersama

Ramadan merupakan merupakan bulan mulia yang dinanti-nanti umat Islam. Selama Ramadan, banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat. Kegiatan tersebut meliputi kunjungan silaturahim ke panti asuhan dan buka puasa bersama seluruh pegawai KPP Pratama Mataram Barat.

Kunjungan silaturahim ditujukan ke Panti Asuhan Al Ikhlas yang berlokasi di sekitar KPP Pratama Mataram Barat pada Selasa, 6 Juni 2017. Panti Asuhan Al Ikhlas mengasuh sekitar empat puluhan anak yatim yang berasal dari Lombok Barat. Kunjungan silaturahim ini diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal, I Gusti Lanang Wiasama dan Kepala Seksi Pemeriksaan, Nuraini. Dalam kunjungan silaturahim, KPP Pratama Mataram Barat sekaligus mengundang saudara kami di panti asuhan untuk berbuka puasa bersama yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Juni 2017 bertempat di lobby KPP Pratama Mataram Barat.

Acara berbuka puasa bersama diawali dengan In House Training (IHT) mengenai Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan. IHT disampaikan oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Dua, Nurul A. Arsyad, sesuai dengan tema acara yaitu Mewujudkan Kejujuran dalam tindakan sebagai Upaya Menjaga Integritas Pegawai. Dalam IHT disampaikan juga bahwa kepatuhan pegawai pada aturan kerja adalah dasar dari reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi dalam Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak dapat terwujud tanpa adanya reformasi sumber daya manusia, yaitu pegawai DJP sendiri.

IHT yang dimulai pada pukul 16.30 WITA disampaikan secara interaktif melalui simulasi dan role play agar tidak membosankan. Setelah IHT, Kepala KPP Pratama Mataram Barat berkenan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Kepala KPP Pratama Mataram Barat menyampaikan agar kita menjadikan bulan Ramadhan sebagai patokan untuk bulan-bulan setelahnya untuk selalu berbuat kebaikan, terutama mewujudkan kejujuran dalam menjaga integritas kita.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perkenalan pegawai yang baru bergabung dengan KPP Pratama Mataram Barat. Mereka terdiri dari delapan Account Representative dan tiga pelaksana yang berasal dari seluruh kantor unit di Kanwil DJP Nusa Tenggara. Tak lama, acara inti dimulai yaitu lantunan ayat-ayat Al Qurán yang dibawakan oleh saudara kita dari Panti Asuhan Al Ikhlas. Ayat-ayat Al Qurán dibacakan dengan fasih dan merdu, membuat para hadirin terkesima dan mengikutinya dengan khusyu’.

Pulau Lombok terkenal dengan para tahfidz dan hafidz Qurán yang terdidik sejak usia belia. Maka tidak heran, saudara kita dari Panti Asuhan Al Ikhlas yang tampaknya masih sangat belia ini dapat melantunkan ayat-ayat Al Qurán dengan cara yang indah. Pembacaan ayat suci Al Qurán diikuti dengan ceramah yang disampaikan oleh ustadz Tajudin, Pimpinan Pondok Pesantren dan Yayasan Pendidikan Daarul Mujawwidiin.

Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan bahwa kejujuran merupakan salah satu sifat mulia yang dicontohkan Rasulullah Saw kepada umatnya. Maka sudah kewajiban kita meneladani sifat mulia beliau dan menjadikan sifat tersebut sebagai kebiasaan seharai-hari. Tentunya hal ini sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan terutama Integritas. Menjaga integritas dalam bekerja adalah salah satu nilai Kementerian Keuangan yang wajib kita amalkan. Beliau juga mengajak kita untuk selalu menjaga dan melindungi diri dari sifat tersebut dengan bergaul bersama orang-orang shaleh dan senantiasa berdoa untuk keselamatan dunia dan akhirat dari sifat tercela.

Acara kemudian berlanjut dengan pembagian tanda kasih dari keluarga KPP Pratama Mataram Barat untuk saudara-saudara kita di Panti Asuhan Al Ikhlas. Tak terasa azan maghrib berkumandang dan tibalah saatnya berbuka puasa. Indahnya berbagi bersama saudara-saudara di KPP Pratama Mataram Barat dalam Ramadan selama dua tahun ini membuat kami melupakan ingatan sebagai seorang perantau. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita senantiasa diridhai dan diterima Allah Swt.