Ganjar Pranowo Siap Sukseskan KSWP di Jawa Tengah

Pada 11 September 2017 Irawan, Kakanwil DJP Jawa Tengah I, dan Rida Handanu, Kakanwil DJP Jawa Tengah II, beserta Tim KSWP dari kedua kantor wilayah tersebut melakukan audiensi dengan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah di Ruang Pertemuan Lt.2 Kantor Gubernur Jawa Tengah dalam rangka penerapan program KSWP (Konfirmasi Status Wajib Pajak) oleh pemerintah daerah di lingkungan Jawa Tengah.

Hadir juga dalam pertemuan itu Ihwan Sudrajat, Kepala BPPD Propinsi Jawa Tengah, berserta beberapa staf Kantor Gubernur Jawa Tengah. Sapaan dan obrolan ringan yang dimulai Ganjar Pronowo berhasil mencairkan suasana sehingga pertemuan berlangsung dalam suasana yang cukup hangat.

Pada kesempatan itu, Irawan menyampaikan maksud kedatangannya serta menjelaskan hal-hal terkait KSWP, mulai apa dan mengapa KSWP diperlukan kemudian apa yang melandasi implentasi KSWP sampai proses bisnis KSWP di lembaga perijinan dan non Perijinan pemerintah daerah. Selain itu disampaikan pula progres penerapan KWSP di kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah, di mana 6 kabupaten/kota di wilayah Jateng I dan II kabupaten/kota di Jateng II yang telah menerapkan KSWP sebelum perijinan diberikan kepada masyarakat. Sedangkan sisanya belum menerapkan KSWP dalam proses perijinannya, sehingga perlu dukungan langsung dari Gubernur Jawa Tengah untuk percepatan penerapan KSWP di Jawa Tengah sebelum akhir tahun 2017.

Ganjar Pranowo yang selama ini telah menunjukkan keperduliannya terhadap pajak sangat mendukung program KSWP, dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung serta menyukseskan KSWP di Jawa Tengah. Surat Edaran Gubernur terkait penerapan KSWP dalam perijinan dan non perijinan yang dilakukan oleh lembaga perijinan di pemerintah daerah Jawa Tengah baik Propinsi maupun kab/kota segera diterbitkan, dengan harapan sebelum akhir tahun 2017seluruh kab/kota sudah menerapkan KSWP sebelum memberikan perijinan kepada masyarakat di Jawa Tengah.