Forum Pelayanan dan Penganugerahan KPP Percontohan Kanwil DJP Jawa Tengah I

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I menggelar Forum Pelayanan dan Penganugerahan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Percontohan di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I di aula KPP Pratama Kudus, Selasa (13/12). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 75 peserta yang terdiri dari para Pejabat Eselon III, para Kepala Seksi Pelayanan, para Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I, dan satu orang pelaksana Seksi Pelayanan.

Dalam arahannya, Plt. Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Dasto Ledyanto, menyampaikan bahwa komplain dari Wajib Pajak (WP) merupakan hal yang biasa terjadi. Hal itu menunjukkan tingginya ekspektasi WP terhadap kinerja pelayanan DJP. “Kita ingin agar WP dapat merasa nyaman saat datang ke KPP, seperti di rumah sendiri,” ujarnya. Dasto berharap dengan diselenggarakannya Lomba KPP Percontohan ini, KPP dapat semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam memberikan pelayanan kepada WP.

Terdapat 15 poin penilaian yang menjadi perhatian Tim Penilai, mulai dari visi dan misi KPP, kinerja penerimaan pajak KPP, tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP), hingga bagaimana KPP tersebut mengelola arsipnya.

KPP yang terpilih sebagai Juara I adalah KPP Pratama Kudus, diikuti KPP Pratama Salatiga sebagai Juara II, dan KPP Pratama Semarang Tengah Dua sebagai Juara III. Masing-masing KPP tentu memiliki kelebihan yang dapat mengantarkan kantor masing-masing menjadi juara.

KPP Pratama Kudus, senantiasa meningkatkan pelayanan dari berbagai fasilitas dan kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh WP. Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) didesain dengan begitu indah sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada WP. Fasilitas yang dapat digunakan WP antara lain akses internet gratis baik melalui komputer yang telah disediakan maupun melalui gadget WP, tempat bermain untuk anak, serta banyak fasilitas dan kemudahan lainnya seperti Aplikasi Vista (Visitor Terpadu) untuk Pengawasan Tamu/WP yang datang berkonsultasi, monitoring antrian yang disertai foto WP, video tutorial perpajakan dan informasi perpajakan yang ditayangkan di TPT.

KPP Pratama Salatiga, peningkatan kualitas pelayanan ditandai dengan inovasi dan perbaikan yang dilakukan, antara lain : Pajak Drive Thru bagi WP yang hanya datang untuk mengambil formulir perpajakan, ruang tunggu TPT yang dilengkapi dengan perpustakaan mini, kantin kejujuran, dan berbagai fasilitas lainnya.

KPP Pratama Semarang Tengah Dua, peningkatan kualitas pegawai dtunjukkan dengan adanya kelas evaluasi pemahaman Amnesti Pajak yang tentu saja ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada WP. Banyak prestasi yang diraih oleh KPP Pratama Semarang Tengah Dua, yaitu Pemenang Terbaik Pertama Lomba Penilaian Inisiatif Integritas dan Anti Korupsi Kategori Kantor Pelayanan Pajak Tahun 2014 dan 2015, Pencapaian Kinerja Penerimaan Terbaik di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I Tahun 2015, dan Account Representative (AR) Terbaik Tingkat Kanwil DJP Jawa Tengah I Tahun 2016.