Ditjen Pajak Meriahkan Treasury Festival 2017

Ditjen Pajak Meriahkan Treasury Festival 2017

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) ikut memeriahkan Treasury Festival 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Ditjen Perbendaharaan) Kementerian Keuangan dengan membuka booth di Gedung Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta mulai Selasa (5/9) sampai Jumat (8/9). 

Treasury Festival 2017 merupakan acara yang diinisiasi oleh Ditjen Perbendaharaan untuk memperkenalkan sekaligus branding program Reformasi Birokrasi Transformasi Kelembagaan (RBTK) untuk lingkup yang lebih luas lagi. Pelibatan Ditjen Pajak sebagai peserta festival itu merupakan salah satu amanat Menteri Keuangan kepada seluruh eselon 1 di Kementerian Keuangan untuk senantiasa bersinergi.

“Terpenting karena Ditjen Pajak merupakan pemilik Inisiatif Strategi 5 dalam Program RBTK itu,” kata Kepala Subdirektorat Manajamen Transformasi, Direktorat Transformasi Proses Bisnis, Ditjen Pajak Heru Marhanto Utomo saat ditemui di booth Ditjen Pajak, Selasa (5 September 2017).

Menurut Heru, program Inisiatif Strategi 5 itu adalah pengamanan penerimaan pajak atas belanja pemerintah dengan meningkatkan kepatuhan perpajakan Bendahara. Untuk itu, saat ini Ditjen Pajak dalam proses menyempurnakan aturan yang ada sekaligus menyusun mekanisme pemotongan pajak di depan atas belanja yang menggunakan dana APBN atau APBD. “Ditjen Perbendaharaan adalah salah satu pemangku kepentingan dalam Inisiatif Strategi 5 ini,” tambah Heru.

Terobosan ini, tambah Heru, akan mengurangi energi Account Representative dalam mengawasi Bendahara yang jumlahnya lebih dari 700 ribu di seluruh Indonesia. “Ujung inisiatif ini adalah menurunnya tax gap atas belanja APBN dan APBD,” kata Heru.

Di hari pertama Treasury Festifal 2017 Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo berkesempatan membuka festival sekaligus menyaksikan peluncuran Call Center HAI-DJPb. Layanan ini merupakan layanan yang diberikan Ditjen Perbendaharaan kepada masyarakat terkait perbendaharaan negara pada nomor 14090. Setelahnya Mardiasmo menyempatkan mengunjungi booth Ditjen Pajak.

Dalam kesempatan itu Heru menyerahkan suvenir kepada Mardiasmo berupa dua buku terbitan Ditjen Pajak dengan judul Berbagi Kisah Perjalanan Modernisasi Direktorat Jenderal Pajak dan Berbagi Kisah Berjuang di Tengah Badai. Di hari pertama Treasury Festival 2017 Ditjen Perbendaharaan juga menyelenggarakan seminar dengan tema Shared Service dalam Pengelolaan Belanja Negara yang dihadiri peserta dari eksternal dan internal Ditjen Perbendaharaan. (Rz/*)