Bina UKM, KPP Pratama Penajam Gelar Seminar

Antusiasme pengusaha UKM

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Penajam menggelar Seminar Pengembangan Usaha dan Permodalan di Sektor Usaha Kecil Menengah di Hotel Kyriad Sadurengas, Tana Paser, Kabupaten Paser (Selasa, 21/11). Pogram kegiatan pembinaan wajib pajak UKM melalui sistem Business Development Services (BDS) ini dihadiri oleh 85 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kecamatan Tana Paser dan sekitarnya.

Seminar dibuka oleh Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara, Samon Jaya, kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Bidang Koperasi Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Paser, dan Pimpinan Bidang Perkreditan dari Bank Pembangunan Daerah Kaltim cabang Tanah Grogot.

UKM merupakan tulang punggung perekonomian negara yang mampu bertahan dan paling cepat kembali pulih terhadap kondisi krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1998. Untuk itu, diperlukan strategi pengembangan usaha dan permodalan. Ibarat rumah, semakin kuat pondasinya maka semakin kuat pula usaha itu bertahan, berkembang, dan menghasilkan income yang lebih besar bagi para pengusaha.

Pemerintah senantiasa mendorong masyarakat untuk membangun negeri dengan cara membayar pajak sesuai dengan kewajiban undang-undang yang berlaku. Pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak bukan sekedar untuk pembangunan infrastruktur negara baik pusat dan daerah tetapi juga untuk anak cucu kita ke depan supaya menjadi lebih baik.