Bendaharawan Wilayah Tabanan Ikuti Sosialisasi e-SPT

Bendaharawan Wilayah Tabanan Ikuti Sosialisasi e-SPT

Bendaharawan di wilayah Kabupaten Tabanan mengikuti sosialisasi e-SPT sebuhungan dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-01/PJ/2017 Tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik di Aula KPP Pratama Tabanan (Senin, 13/11).

Dalam peraturan tersebut, tepatnya Pasal 2 ayat (4) disebutkan bahwa SPT Masa Elektronik wajib disampaikan oleh wajib pajak yang terdaftar di KPP Madya, KPP di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus, dan KPP di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar; dan/atau sudah pernah menyampaikan SPT Masa Elektronik. Klausul tersebut jelas menerangkan bahwa bagi wajib pajak yang sudah pernah melaporkan SPT menggunakan e-SPT, wajib melaporkan SPT Masa lainnya secara elektronik yang akan dilaporkan mulai bulan November ini.

"Pelaporan SPT Masa PPh Pasal 23 milik saya tidak bisa diproses kemarin, lalu saya diarahkan untuk mengikuti sosialisasi pada hari ini," ungkap salah seorang bendaharawan. Sosialisasi tersebut diadakan oleh KPP Pratama Tabanan dengan sistem undangan melalui surat resmi yang didahului dengan konfirmasi by phone atau text message. Bendaharawan tersebut berasal dari instansi pemerintah seperti kantor kecamatan dan lingkungan pendidikan.

Acara berlangsung pada pukul 10.30 sampai dengan 13.30 WITA dan dihadiri oleh dua belas peserta. Pada pukul 10.00 sudah terlihat panitia sosialisasi sedang menginstal aplikasi e-spt di laptop peserta yang telah hadir. Satu jam kemudian, acara sosialisasi dimulai oleh pemateri dan berlangsung secara interaktif karena menggunakan kelas praktikum.