"Bayar Pajak Keren" Mengudara di Kota Manado

Radio RAL 102,8 FM menjadi sarana interaksi pajak antara Tim Penyuluh KPP Pratama Manado dengan masyarakat yang diadakan pada Jumat (28/07). Acara bertajuk dialog interaktif pajak ini mengusung tema Bayar Pajak Lebih Mudah dengan e-Billing. Pukul 09.00 WITA acara dibuka dengan sapaan hangat dari penyiar kepada sahabat setia RAL FM.

Dalam acara talkshow ini, KPP Pratama Manado diwakili oleh Caecilia Diah Permatasari (Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan) dan Mirda Ratna Sari (Pelaksana). Penjelasan awal talkshow ini berkaitan dengan apa itu e-Billing dan perbedaannya dengan sistem pembayaran pajak yang lampau. e-Billing merupakan sistem pembayaran pajak yang mudah, cepat dan aman, kenapa begitu?

Dibandingkan dengan metode pembayaran manual yang lebih lama dan tidak ramah lingkungan, pada generasi kedua ini pembayaran pajak dikemas dengan begitu mudah. Banyak cara ditawarkan untuk pembuatan kode billing, mulai dari pembuatan sendiri oleh Wajib Pajak secara mandiri sampai dengan layanan  SMS yang dikelola oleh KPP Pratama Manado. Wajib Pajak diberikan solusi mudah untuk melakukan pembuatan kode billing dengan asas self assesement.

Di sela-sela acara, ada telepon interaktif dari Wajib Pajak yang menanyakan tentang layanan pembuatan kode billing di KPP Pratama Manado. Pertanyaan mengenai apakah KPP Pratama Manado dapat memberikan layanan untuk Wajib Pajak yang terdaftar di luar wilayah kerja KPP Pratama Manado pun dijawab Caecilia dengan informasi bahwa pelayanan pembuatan kode billing di KPP Pratama Manado dapat diberikan untuk seluruh Wajib Pajak, baik yang terdafar di KPP Pratama Manado ataupun di KPP lain.

Di akhir acara talkshow, salah seorang pendengar setia RAL FM memberikan statement bahwa sistem pelayanan dan teknologi yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak sudah sangat baik. Hal tersebut harus dipertahankan serta juga ditingkatkan agar Wajib Pajak nyaman untuk melapor dan merasa bangga membayar pajak. Tim Penyuluh KPP Pratama Manado menghimbau kepada seluruh Wajib Pajak apabila merasa nyaman dan mudah dalam memanfaatkan pelayanan dan teknologi yang disediakan oleh DJP, diharapkan turut menyampaikan kepada lapisan masyarakat lainnya supaya masyarakat tahu bahwa pajak itu penting karena “bayar pajak keren”. (mrs)