Bappenda Sumsel Tingkatkan Kerjasama dengan Ditjen Pajak

Bappenda Sumsel Tingkatkan Kerjasama dengan Ditjen Pajak

Palembang - Dalam usaha mengoptimalkan penerimaan pajak daerah dan meningkatkan kerja sama, Plt. Kepala Bappenda Sumatera Selatan, Neng Muhaiba beserta staff berkunjung ke Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel.(Rabu,04/10). Tim Bappenda ditemui langsung oleh Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel, M. Ismiransyah M. Zain, atau yang akrab dipanggil Rendy, dan jajarannya. Dalam diskusi yang berlangsung produktif, dinamis dan dalam suasana hangat, dibahas beberapa upaya kerjasama dalam rangka peningkatan penerimaan pajak, serta beberapa langkah strategis yang bisa dilakukan bersama.

Rendy  menjelaskan beberapa langkah yang telah berhasil dilakukan oleh  Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel, seperti program Door to Door serta upaya-upaya peningkatan penerimaan pajak. Neng Muhaiba tertarik untuk melakukan door to door bersama serta meningkatkan kerja sama untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah, seperti pajak penggunaan alat berat di beberapa sektor dan pajak atas kendaraan mewah. Masih banyak kendaraan mewah yang tidak membayar pajak di daerah Sumatera Selatan. Bappenda juga membutuhkan  data tentang alat berat yang dipergunakan oleh perusahaan di daerah. Diyakini bahwa ada perbedaan data antara  yang  terdaftar dan yang dilaporkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, perlu sinkronisasi data  sehingga ke depannya diharapkan tidak akan ada lagi perusahaan yang membayar pajak kurang dari seharusnya.

“Sinergitas antara aparat Ditjen Pajak dan Bappenda perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak,” pungkas Neng Muhaiba.

Rendy sangat meng-apresiasi upaya Bappenda untuk meningkatkan kerjasama dan berharap semoga hasilnya bisa meningkatkan penerimaan pajak, baik pajak pusat maupun daerah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(*)