5400 Siswa Ramaikan Pajak Bertutur di Kanwil Pajak Jateng II

Penyerahan Plakat kepada Perwakilan Universitas

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II menyelenggarakan program Pajak Bertutur kepada sekitar 350 mahasiswa di Aula Lantai 4, Kanwil DJP Jawa Tengah II (Jumat, 11/8). Peserta mahasisa berasal dari Perguruan Tinggi di wilayah Solo Raya yaitu Universitas Setia Budi Surakarta, Uniba Surakarta, STIE Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sementara itu, jumlah sekolah di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Tengah II yang mengikuti program Pajak Bertutur adalah 71 sekolah yang terdiri dari 11 SD/MI, 21 SMP/MTs, 35 SMA/K dan 4 Perguruan Tinggi dengan peserta 5400 siswa dari target peserta sejumlah 3750 siswa.

Pajak Bertutur adalah program nasional Direktorat Jenderal Pajak yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan pegawai Ditjen Pajak sebagai pengajar dan melibatkan lebih dari 110.000 pelajar dan mahasiswa. Pelaksanaan program ini merupakan implementasi dari program "Inklusi Kesadaran Pajak" yang merupakan upaya bersama DJP dengan Kemendikbud dan Kemenristek Dikti selaku pihak yang membidangi pendidikan untuk menanamkan kesadaran pajak kepada peserta didik dan tenaga pendidik melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam Pendidikan.

Integrasi program pemerintah tersebut diwujudkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Kemenkeu dan Kemendikbud Nomor: MoU-21/MK.03/2014 dan Nomor: 13/X/NK/2014 tentang Peningkatan Kesadaran Pajak melalui Pendidikan serta didukung dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Nomor: MoU-4/MK.03/2016 dan Nomor :7/M/NK/2016 tentang Peningkatan Kerjasama Perpajakan melalui Ristek Dikti. Dengan memberikan pemahaman sejak dini kepada generasi muda tentang Pajak sebagai pilar utama Pembangunan Negeri, diharapkan pada tahun 2020 inklusi kesadaran pajak sudah dapat diintegrasi penuh di semua jenjang pendidikan. (ak/*)