“Reward” Bendahara Desa Taat Pajak KP2KP Sungailiat

KP2KP Sungailiat memberikan piagam penghargaan kepada para Bendahara Desa Taat Pajak kabupaten Bangka yang bertempat di Aula Pertemuan Hotel ST-12, Jalan Tunghin, Sungailiat, Bangka, Senin (31/7/2017). Acara ini bersamaan dengan Rapat Koordinasi Kepala Desa, BPD dan Camat dengan Bupati Bangka yang membahas penyerapan anggaran Dana Desa Tahap I. Hadir dalam acara tersebut Bupati Bangka, Wakil Ketua DPRD, Kajari, Kapolres, para Kepala OPD, Camat, BPD, Kepala Desa dan undangan lainnya.

Tujuan pemberian penghargaan kepada para Bendahara Desa adalah karena bendahara memiliki peran strategis dalam mengamankan penerimaan negara melalui mekanisme pemotongan dan pemungutan pajak. Kepatuhan dalam pengelolaan pajak bendahara pemerintah menjadi cermin kepatuhan Wajib Pajak sebab dengan telah terpotong dan dipungutnya pajak oleh bendahara, ada banyak Wajib Pajak lainnya seperti rekanan dan para pegawai yang memungkinkan untuk taat juga. Sementara, indikator penilaian kepatuhan bendahara desa ini adalah kepatuhan pembayaran pajak, kepatuhan pelaporan pajak, kesesuaian data pembayaran dan pelaporan pajak, jumlah pajak yang dipotong atau dipungut, kerja sama dan peran desa dalam memberikan informasi data perpajakan serta laporan pengelolaan anggaran desa.

Dari semua indikator penilaian tersebut, Bendahara Desa Air Ruai berhasil meraih Juara I Bendahara Desa Taat Pajak, Bendahara Desa Sempan sebagai Juara II, Bendahara Desa Riau sebagai Juara III dan Juara Harapan IV, V, VI diraih oleh Bendahara Desa Air Anyir, Deniang dan Dalil. Dengan adanya program ini Direktorat Jenderal Pajak dalam hal ini KP2KP Sungailiat berharap Bendahara Desa akan lebih patuh lagi dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya sehingga dapat memberi kontribusi lebih terhadap penerimaan negara dari sektor pajak dan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang mudah dan lebih baik kepada Wajib Pajak.