Focus Group Discussion Optimalisasi Lelang Barang Sitaan

Dit. Pemeriksaan dan Penagihan Bogor, 12 April 2017 --- Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan tema “Optimalisasi Lelang Barang Sitaan” di Ballroom Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Bogor.

Forum ini dihadiri oleh 159 peserta aktif, baik di lingkungan DJP yang terdiri atas sebagian Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kasi Bimbingan Penagihan yang mewakili 33 Kanwil DJP, maupun para Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dari seluruh Indonesia.

Kepada para peserta forum, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III, Bapak Mohammad Isnaeni, memberikan sambutannya mengajak peserta untuk bersama-sama mencapai keseragaman pemahaman terhadap ketentuan-ketentuan penagihan dan proses bisnis lelang secara menyeluruh guna mengamankan penerimaan negara.

Selain itu Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Bapak Lukman Effendi, menyatakan siap memberikan dukungannya serta mengarahkan kedua instansi agar saling berbenah diri ke dalam atas masukan-masukan yang nantinya tersampaikan dalam forum.

Melalui Forum diskusi ini, diharapkan dapat diperoleh rekomendasi-rekomendasi kebijakan dalam rangka menemukan solusi atas kendala/hambatan proses lelang eksekusi pajak, memprioritaskan proses lelang eksekusi pajak pada KPKNL demi turut mengamankan penerimaan negara dari tindakan penagihan berupa penyitaan aset Wajib Pajak atau Penanggung Pajak sebagai tindak lanjut penegakan hukum oleh DJP, serta menjalin koordinasi dan kerjasama yang berkesinambungan diantara KPP dan KPKNL.