Tidak Betah di Rutan, WP Lunasi Utang Pajak dan Ikut Amnesti Pajak

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan serta Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan penyanderaan (gijzeling) terhadap penanggung pajak PT. MMS dengan inisial RT yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Utara pada bulan Desember 2016.

Penyanderaan dilakukan secara hati-hati kepada wajb pajak yang memiliki utang di atas Rp100 juta dan dinilai memiliki kemampuan ekonomi untuk melunasi utang pajaknya namun tidak memiliki itikad baik untuk melunasi utang pajaknya. Hal ini dilakukan setelah menempuh upaya himbauan, teguran, surat paksa, dan cekal akan tetapi wajib pajak tak kunjung melunasi hutang pajaknya. Dalam melakukan penyanderaan juga dilibatkan tenaga medis untuk memastikan kondisi kesehatan wajib pajak.

Dalam proses penyanderaan wajib pajak sudah ditawarkan untuk mengikuti program pengampunan pajak, hal ini disebabkan apabila wajib pajak mengikuti program pengampunan pajak utang yang harus dibayar hanya sebesar pokoknya saja. Setelah satu malam di lapas kelas IIB Takalar, wajib pajak melakukan proses pembayaran pokok hutang pajak dan mengikuti program pengampunan pajak.

Penyanderaan dilakukan dengan tujuan memberikan efek jera bagi para penunggak pajak yang sampai hari ini belum melunasi utang pajaknya. Ditjen Pajak berharap agar para Wajib Pajak yang memiliki utang pajak untuk segera memanfaatkan program pengampunan pajak (tax amnesty) yang akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang.

Selain dilakukan penagihan aktif dengan penyanderaan, DJP juga melakukan penagihan secara persuasif yaitu melalui himbauan dan konseling dengan menekankan apabila wajib pajak mengikuti pengampunan pajak maka hanya membayar pokok utang pajaknya dan sanksi akan dihapus. Upaya persuasif dilakukan karena masih banyak wajib pajak yang belum melunasi hutang pajaknya.(yai/*)

Penjelasan Narasumber

 

Penjelasan Narasumber
Wartawan bertanya
Pemaparan Kadiv Kanwil Kemenhukham Sulsel
Suasana Konferensi Pers