Pajak Bertutur KPP Pratama Dumai Gemparkan Sekolah

Pajak bertutur merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan memecahkan Rekor MURI dimana kegiatan ini akan diadakan secara serempak dan diikuti lebih dari 110.000 peserta, Jumat (11/8).

Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari agenda Menteri Keuangan dalam rangkaian perayaan Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan pembuka kampanye program inklusi kesadaran pajak di dunia pendidikan. Pajak Bertutur diadakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan serta menumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran pajak melalui jalur pendidikan. Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, serta mempersiapkan generasi emas untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

KPP Pratama Dumai ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pajak Bertutur dengan Ketua Penyelenggara Kegiatan Dhiyah Rosalina selaku Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Dumai, bekerja sama dan berkordinasi dengan pihak sekolah, diantaranya Drs. Yulizar selaku Kepala Sekolah SMA Binaan Khusus yang diikuti oleh 200 peserta didik, Drs. H. Auzar, M.si. selaku Kepala Sekolah SMA N 1 Dumai yang diikuti oleh 100 peserta didik, Drs. Sukaini, M.M. selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Dumai yang diikuti oleh 337 peserta didik, dan Dra. Hj. Rosmawati Lubis, Spd selaku Kepala Sekolah SMP N 2 Dumai.

Kegiatan dirangkai semenarik mungkin, disesuaikan dengan peserta acara yaitu peserta didik, agar menarik minat mereka dan ikut berpartisipasi secara aktif dalam keberlangsungan acara. Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak sekolah, dilanjutkan kata sambutan dari Ridho Syafruddin selaku Kepala KPP Pratama Dumai yang akan berkeliling ke tiap tempat diadakannya acara, pemberian materi dengan tema Peduli Pajak yang diselipkan dengan quiz, games yang bersifat team building, dan kegiatan menarik lainnya yang tidak lepas dari tema.

Dalam sambutannya, Ridho Syafruddin menyampaikan, “Peran penting pajak saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga kepatuhan baik pembayaran maupun kepatuhan pelaporan pajak masih sangat rendah. Untuk itu, menyongsong Indonesia Emas pada 2045, DJP menginisiasi untuk mengintegrasikan materi kesadaran pajak dengan kurikulum pendidikan. Dengan diperkenalkannya pajak dan manfaatnya sejak dini, maka pada saatnya nanti mereka akan menjadi wajib pajak yang tertib. Wajib Pajak adalah pahlawan." (gyt/*)

Foto Bersama Siswa Siswi SMA N 1 Dumai

 

Foto Bersama Siswa Siswi SMA N 1 Dumai
Bebas Berekspresi, Bebas Bergaya ala Siswi SMA N 2 Dumai
Semangat Siswa Siswi, Komitmen Peduli Pajak
Foto Bersama Siswa Siswi SMA Binaan Khusus
Bayar Pajak Keren, Bersama Siswa Siswi SMP N 2 Dumai