Kanwil DJP Jabar I Gelar Edukasi Pembuatan Dokumen Harga Transfer

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I (Kanwil DJP Jabar I) bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung menggelar edukasi pembuatan dokumen harga transfer (Transfer Pricing Documentation/TP Doc), di Gedung Keuangan Negara, Jl. Asia Afrika No. 114 Bandung, Selasa, (14/03). Edukasi ini terkait terbitnya Peraturan Menteri Keuangan nomor 213/PMK.03/2016 tanggal 30 Desember 2016. Beleid baru ini melengkapi ketentuan-ketentuan terkait dengan penerapan prinsip kewajaran pada transaksi yang melibatkan pihak-pihak yang memiliki hubungan istimewa (afiliasi).

Pada PMK-213/PMK.03/2016 disebutkan beberapa jenis dokumen penentuan harga transfer antara lain dokumen induk (master file), dokumen lokal (local file), dan laporan per negara (country by country report). Tujuannya adalah mendorong keterbukaan informasi dari Wajib Pajak, karena selama ini Direktorat Jenderal Pajak tidak memiliki informasi rinci atas transaksi pihak-pihak yang berafiliasi tersebut.

Acara yang dihadiri 170 Wajib Pajak ini dibuka oleh Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jabar I, Reny Ravaldini sekira pukul 08.30 WIB dan materi disampaikan oleh tim KPP Madya Bandung. (hp/*)

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jabar I, Reny Ravaldini membuka acara edukasi TP Doc

 

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Jabar I, Reny Ravaldini membuka acara edukasi TP Doc
Peserta memenuhi tempat yang disediakan
Tim KPP Madya Bandung memaparkan materi
Tim KPP Madya Bandung memaparkan materi sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan Wajib Pajak
Sesi tanya jawab.